Software presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentasi . File presentasi yang dibuat beruapa informasi( berupa teks,tabel,gambar,dan sebagainya)yang akan diperlihatkan atau dipresentasikan kepada orang banyak.
1. Mengaktifkan software Presentasi
Ada beberapa cara dalam memulai mengoperasikan Microsoft Power Point , sebagai berikut:
- klik star
- all program
- microsoft office
- microsoft power point
2. Menutup software aplikasi
Ada beberapa cara, sebagai berikut :
- klik menu file
- klik exit
B. MENGOPERASIKAN MICROSOFT POWER POINT 2010
Pada bagian ini akan dipelajari untuk mengenal lingkungan kerja power point. Ada beberapa bagian pada lingkungan kerja power point , sebagai berikut :
1. Menenal menu dan toolbar
a. Menu bar
merupakan kumpulan perintah yang didalamnya terdapat perintah2 yang disajikan dalam bentuk pull down menu.
fungsi menu yang terdapat didalamnya:
- file = digunakan untuk melakukan perintah dasar seperti membuat, membuka, menyimpan file power poin, serta keluar dari aplikasi power point
- home= digunakan untuk mengatur font danj paragraf ,menggambar bentuk ,serta melakukan copy, cut,paste,find dll
- insert= digunakan untuk menyisipkan objek ,baik itu gambar ,tabel, suara, animasi, atau film dan membuat hyperlink
- design= digunakan untuk mengatur tampilan slide
- transition= untuk memberikan efek transisi atau perpindahan antar slide , bisa jg menambah efek suara dan mengatur waktu efek transisi
- animation= mengatur objek animasi yg ditmbahkan kedalam slide
- slide show= menampilkan presentasi , pengaturan penampilan file presentasi dsb
- review= untuk pengecekan tata bahasa , pengejaan, dan memberikan komentar
- view= untuk mengatur tampilan lembar kerja
merupakan perintah2 yang disajikan dalam bentuk tombol
seperti:
- new
- open
- save
- copy
- paste
- bold
- zoom
- font
- font size
- new slide
- insert table
- italic
- underline
- undo
- hyperlink
- chart
- fill colour
- membuat file power point
- menyimpan file presentasi
- tentukan tempat lokasi menyimpan file
- tuliskan nama file pada kotak isian file nama
- klik save untuk memulai proses penyimpanan
- membuka file power point
- tentukan di folder mana file tersebut berada
- klik file yg diinginkan
- klik open
C. MELAKUKAN EDITING
Editing merupakan bagian terpenting dalam membuat presentasi karena dg melakukan editing kamu dapat membuat presentasi menjadi menarik untuk dilihat. Ada beberapa editing sederhana sebagai berikut:
1. Font Editing
perubahan huruf pada power point dapat dilakukan dg cara :
- blok kata atau kalimat atau klik area text box yg akan diubah
- klik menu format dan pilih font hingga muncul tampilan editing huruf
- pilih sesuai yg diinginkan , diantaranya memilih :
- kotak font: untuk memilih jenis huruf
- kotsk font style: untuk memilih tampilan huruf ( biasa, tebal,miring,miring dan tebal)
- kotak size: untuk menentukan ukuran huruf
- kotak color: untuk memilih warna huruf
untuk pengturan rata tulisan dapat dilakukan dg perintah:
- format
- allignment
berfungssi untuk memberi penomoran dg angka, huruf, maupun dg simbol.
caranya :
- klik format
- klik bullet and numbering
- pilih yg diinginkan
4. header and footeer and page numbering
header and footer berfungsi untuk memberikan informasi pada slide presentasi, pada semua atau sebagian halaman presentasi.
page numbering berfungsi untuk memberikan nomor halaman pada slide secara otomatis .
perintah yg digunakan adalah sebagai berikut :
- klik view
- klik header and footer
- berikan tanda check list pada date and time
- berikan tanda check list pda slide
- berikan tanda check list pada footer
- jika sudah selesai , klik apply untuk satu halaman
- apply all untuk semua halaman
cara menambahkan beberapa halaman slide berikutnya :
- klik menu home
- klik new slide
- isi sesuai bahan yang akan dipresentasikan
6. memasukan gambar
langkah2nya sebagai berikut :
- klik menu insert clip art untuk mengambil gambar yg sudah tersedia
- insert -> picture , untukn mengambil gambar dari gambar yg dimasukan
7. memasukan text box, diagram, dan video
- langkah memasukan tex boxt:
- klik menu insert
- klik tex boxt
- kemudian lakukan drag and drop mouse pada daerah yang ingin diberi tex
- masukan tekz yg diingnkan
- langkah memasukan objek:
- klik menu insert
- klik chart
- ikuti petunjuk yang diarahkan
- langkah memasukan video:
- klik menu insert
- pilih video
- video from file
- klik ok
8. membuat tabel
langkah membuat tabel :
- klik insert
- pilih jenis tabel yg diinginkan
- ok
9. mengatur background
langkah-langkahnya :
- klik design
- klik background styles dari menu bar
- klik kanan pada slide
- pilih background styles
- pilih warna yang dikehendaki
- klik ok
sumber: buku KKPI kelas 2 untuk SMK dan MAK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar